Journey @ Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung

Ini kejadian tahun lalu dan kisah ini terjadi akibat kita datang kepagian ke Makam Taman Pahlawan.

Kisah ini bermula ketika kita mendapat kabar Kakek suaminya Frida (Temen kantor kita) meninggal, 1 hari sebelumnya intan & milta melayat ke rumah duka, karena kakeknya suaminya Frida itu pensiunan tentara dan secara administrasi beliau mendapat fasilitas untuk dapat di makamkan di TMP Cikutra.

Informasi dari Frida, Almarhum Kakeknya akan dimakamin jam 9 pagi, intan berangkat dari rumah jam 8an, sesampainya di area TMP ternyata milta udah sampe duluan dan ternyata dia udah nyampe jam 7.30…waaaa rajin bangeet.

Kita nunggu rombongan keluarga almarhumah di dalem mobil yang di parkir ga jauh dari situ, ketika kita lagi asik ngobrol, ga lama ada rombongan mobil jenazah, langsung doong karena gam au ketinggalan prosesi pemakaman khas TNI kita otewe ke kompleks pemakaman. Ternyata kita ketinggalan, dan rombongan jenazah udah ga terlihat…cepet banget yaa.

Trus kita nanya-nanya di tujukkanlah ke area belakang, OK kita susul kesana dan prosesi pun sudah di mulai, kita mengikuti prosesi dengan baik, Cuma lama-lama intan curiga….”Ta, ko ga ada Frida nya yaa, jangan-jangan bukan pemakaman kakeknya milta” “iya ya Bu…jangan-jangan kita salah menghadiri pemakaman” trus intan telp deh Frida nya, ternyata rencana pemakaman yang semula jam 9, di undur menjadi jam 10.

Ooo OK, kita tetep mengikuti pemakaman yang ternyata bukan keluarga Frida itu sampai akhir. Pemakaman khas TNI beda dengan pemakaman biasa ada tembakan salvo (yang selalu bikin kaget), ada terompet, ada barisan TNI pake upacara, untuk kita yang jarang melihat prosesi pemakaman ini terasa unik.

Sempet ngobrol di situ “Ta…berani foto dengan barisan TNI itu ga Ta”, milta cuma ketawa

Nah keseruan terjadi ketika pemakaman udah selesai dan kita berjalan kea rah luar TMP, ketika kita lagi asik berjalan, ko kedengeran derap langkah “prok..prok…prok”, begitu nengok kebelakang “Astagfirullah…barisan tentara” tiba-tiba ide datang begitu aja “Ta diem situ, Pak kita foto ya….gpp sambil jalan aja” langsung deh keluarin hp dan milta pun bergaya di tengah-tengah barisan tentara dan dengan cepat berganti posisi, gantian intan yang di foto di tengah-tengah barisan tentara….

Udahnya kita sendiri berasa ga percaya kalo kita bisa punya “ide seru” kayak gitu, dasaaar kalo kita sudah bersatu langsung ga kenal sama “malu”.

Sambil nunggu rombongan almarhum kakeknya Frida datang kita muter-muter TMP, ternyata banyak spot yang wajib di dokumentasikan.

“Ta…kita ko selalu ada di prosesi pemakaman yaa, jangan-jangan orang nganggap kita asisten malaikat pencabut nyawa lagi”, milta ngakak ”hahaha….bener juga Bu”.

Just for Information….TMP ini di bagi 3 bagian, bagian depan kanan-kiri yang rapih banget itu adalah space untuk para pejuang 45, bagian belakang untuk para tentara veteran dan untuk bagian wing kanan & kiri adalah untuk para purna bakti dengan minimal pangkat tertentu sepertinya (masih harus ditanyakan) namun tidak se rapih  area pemakaman pejuang 45 & Veteran.

Lama-kelamaan panas juga ya Ta, akhirnya kita keluar area pemakaman, ke parkiran mobil ngambil dompet karena pengen beli minum saking hausnya & tadi berangkat pun ga sempet makan, jadi weh intan jajan cilok disitu.

Dan begitu dapet kabar dari Frida kalo rombongan jenazah kakeknya otw ke TMP, kita langsung balik lagi ke TMP, dan ga lama kemudian rombongan tersebut sampe, kali ini kita menghadiri  pemakaman yang benar J

Kalo temen-temen punya waktu, jalan-jalan deh ke TMP, melihat makam para pejuang yang penuh semangat membela Negara walaupun nyawa taruhannya tidak membuat mereka gentar membela Negara ini.

Semoga dapat me-re charge semangat kita untuk berkarya demi Negara tercinta ini menjadi bangsa yang besar dan menurut pepatah “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya” chayoooo 

This slideshow requires JavaScript.

– i –

Advertisements

2 thoughts on “Journey @ Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s